Pergerakan Emas dibayangi data NFP

Pada perdagangan sebelumnya emas berhasil keluar dari tekanan short sell-nya, terbantu dengan memburuknya aktivitas pabrikan di AS (ISM Manufacturing PMI) namun tertahan oleh membaiknya pasar saham AS dan masih bagusnya tingkat produktivitas pekerja AS disertai menurunnya klaim pengangguran.
Divisi New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Desember flat di level 1.317.35 troy ons. Laporan manufaktur AS yang meningkatkan keraguan pada kekuatan ekonomi jelang dari data nonfarm payrolls.
Fokus perdagangan kali ini yaitu situasi tenaga kerja AS yang didalamnya terkandung data-data seperti nonfarm payroll atau NFP atau tambahan jumlah penerima kerja diluar sektor pertanian, unemployement rate atau tingkat pengangguran, average hourly earnings atau rata-rata pendapatan perjam, average workweek sheet atau rata-rata jam kerja dalam seminggu.
Biasanya investor dan pasar hanya fokus terhadap NFP karena data ini sangat mempengaruhi pola konsumsi dan kegiatan ekonomi semua sisi bidang industri baik jasa dan pabrikan di AS untuk segera menjadi pijakan bahwa laju pertumbuhan ekonomi atau GDP di AS masih bisa menaik dan bisa mendukung terjadinya gejolak inflasi atau kenaikan harga sehingga ada kebijakan moneter atau perubahan suku bunga yang baru ataukah tidak.
Bila suku bunga naik dalam hal ini suku bunga AS, maka indeks dollar akan menguat dengan diikuti pelemahan emas dalam jangka menengah.
Terlihat bahwa kondisi situasi tenaga kerja AS masih cukup nyaman bagi the Fed untuk segera menaikkan suku bunga dengan latar belakang pendukung pembukaan lapangan kerja baru yang makin membaik, klaim pengangguran yang terus menunjukkan tren menurun, produktivitas pekerja yang membaik dan meningkatnya iklan lowongan kerja baru.
Dengan analisa seperti itu diatas maka kecenderungan pelemahan emas memang terbuka lebar namun sekali lagi kita harus melihat pasar ekuitas seperti pasar saham dan obligasi AS apakah menyikapi positif hasil NFP nanti malam, bila sikap atau pergerakannya positif maka emas bisa tertekan kearah 1260-1270, namun bila pasar ekuitas negatif maka emas bisa menjauhi level support 1302 untuk segera kembali ke level resistant 1345.
Have a nice day and Happy trading.